Bass Speaker Aktif Kurang Nendang? Simak Tips Ini Buat Bass Jadi Menggelegar

Speaker Bass Polytron

Memiliki speaker dengan suara jernih dan bass yang menggelegar adalah idaman bagi mayoritas penggemar musik. Sensasi mendengarkan musik yang mantap dan mengasyikkan tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan suara bass yang maksimal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efek bass pada speaker bluetooth aktif.

Baca juga: Bakar Kalori Lebih Banyak dengan HIIT Workout, Simak Tipsnya!

Cara Menambah Efek Bass pada Speaker Bluetooth Aktif Terbaik

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menambahkan efek bass pada speaker bluetooth sehingga kamu bisa mendapatkan suara bass yang diinginkan.

1. Mengganti Speaker Woofer/Subwoofer dengan Daya yang Besar

Bass yang dihasilkan oleh speaker dengan keluaran daya 1000 watt akan berbeda dengan speaker yang hanya memiliki daya keluaran 100 watt. Untuk mendapatkan bass yang kuat dan mendalam, kamu bisa mengganti woofer atau subwoofer dengan yang memiliki daya keluaran lebih besar. Penggantian ini sudah terbukti efektif dalam menghasilkan bass yang lebih memuaskan.

2. Menggunakan Amplifier yang Sesuai

Amplifier berukuran kecil cenderung menghasilkan bass yang kurang maksimal. Sebaliknya, amplifier dengan ukuran besar dan daya yang lebih tinggi akan menghasilkan bass yang lebih baik. Pastikan amplifier yang kamu gunakan sesuai dengan spesifikasi speaker untuk mendapatkan efek bass yang optimal.

3. Memasang Tone Control di Amplifier

Memasang tone control pada amplifier bertujuan untuk menguatkan dan mengurangi frekuensi yang diinginkan. Kamu bisa menambahkan efek bass dengan menggunakan kontrol khusus untuk bass, yang sering disebut sebagai bass booster. Ini akan membantu kamu dalam menyesuaikan frekuensi bass sesuai dengan keinginan.

4. Menggunakan Equalizer

Equalizer memungkinkan kamu untuk menambahkan efek bass pada speaker dengan cara yang lebih mudah. Berbeda dengan tone control, equalizer bisa mengatur nada mulai dari 30 Hz hingga 20 kHz. Equalizer biasanya terdapat pada amplifier yang lebih dominan menggunakan tone control. Harga equalizer pun bervariasi tergantung pada frekuensi nada yang bisa dikontrol.

Lain halnya dengan equalizer yang hanya bisa mengontrol nada mulai dari 30 Hz hingga 20 Khz. Equalizer biasanya terdapat pada amplifier yang lebih dominan tone control. Membicarakan harga equalizer cukup bervariasi hal ini tergantung dengan frekuensi nada yang akan dikontrol.

5. Mengubah Box Speaker

Volume udara dalam box speaker berperan penting dalam menghasilkan bass yang maksimal. Jika volume udara kurang, kamu bisa mengganti box speaker dengan yang memiliki volume udara lebih besar. Mengubah box speaker bisa memberikan perbedaan signifikan dalam kualitas bass yang dihasilkan.

Solusi Terbaik: Speaker Aktif POLYTRON PAS 10DF22

Cara menambah efek bass pada speaker memang harus mencoba dengan berbagai langkah. Jika menurutmu cara-cara tersebut cukup sulit dilakukan, POLYTRON merekomendasikan kamu untuk menggunakan Speaker Aktif PAS 10DF22. Speaker aktif ini dilengkapi double woofer besar berukuran 10 inci dengan fitur Super Bass hingga level 10 yang dapat memberikan efek getaran dan suara bass yang menggelegar.

PAS 10DF22 merupakan salah satu produk terbaru dari seri speaker aktif POLYTRON dengan 2.0 channel speaker stereo dan memiliki konfigurasi 3-Way Speaker System (tweeter, mid-range, dan woofer) sehingga suara yang dihasilkan detail dan lengkap frekuensinya. Speaker ini memiliki juga 3-Band Digital Control (digital bass, middle, treble control) untuk memudahkan pengaturan tone atau nada sesuai selera.

Speaker aktif Bass terbaik PAS 10DF22 juga dilengkapi dengan fitur Surround Mode, jika fitur ini diaktifkan maka akan menghasilkan suara yang terdengar semakin terasa memenuhi isi ruangan atau mengelilingi penggunanya layaknya suara di bioskop.

Tak hanya memiliki suara yang jernih dan menggelegar, Speaker Aktif PAS 10DF22 memiliki berbagai fitur lainnya. Misalnya, USB, SD card/MMC, aux, line input, USB sound card, FM radio, 2 mic input untuk karaoke, serta preset EQ alias equalizer otomatis.

Speaker Aktif PAS 10DF22 sudah dilengkapi fitur bluetooth versi terbaru v5.0 yang memudahkan untuk memutar musik dari perangkat lain. Untuk mengatur speaker bluetooth ini, pengguna bisa menggunakan remote control yang telah disediakan dalam paket pembelian atau bisa juga menggunakan aplikasi POLYTRON Audio Connect dari smartphone. Kecanggihan itu merupakan bagian dari inovasi yang terus dilakukan oleh POLYTRON sebagai brand lokal yang menjadi rajanya audio.

Baca juga: Tips Memilih Speaker Aktif dengan Kualitas Terbaik

Leave a Reply