Wajib Tahu! Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

cara membersihkan mesin cuci polytron

Apapun yang dibiarkan kotor, pasti lama-kelamaan akan rusak! Maka, kamu perlu menjaga kebersihan barang-barangmu, apalagi barang elektronik, seperti mesin cuci. Mesin cuci yang kotor tak hanya berpotensi untuk merusak pakaian, tapi juga dapat mengurangi efisiensi dan umur pakai dari mesinnya. Jadi, penting untuk pastikan mesin cuci di rumahmu dalam kondisi bersih dan terawat.

Tapi, bagaimana sih, cara membersihkan mesin cuci agar bersih dan bukan malah rusak? Yuk, simak cara berikut!

Baca juga: Hindari Bau Apek, Ini Rahasia Jemuran Baju Cepat Kering

Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Tetap Awet

1. Bersihkan Karet Pintu

Pasti yang pertama terlintas di kepala itu, bagian mana saja sih yang boleh dicuci? Bagian utama yang paling cepat kotor dan butuh pembersihan secara rutin tak lain dan tak bukan adalah karet pintu. Area tersebut paling mudah menangkap kotoran dan kelembapan, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap dan pertumbuhan jamur. Kamu dapat menggunakan kain lembab dan sedikit cuka untuk membersihkan bagian karet pintunya.

2. Bersihkan Laci Deterjen

Laci deterjen adalah tempat di mana residu deterjen dan pelembut dapat menumpuk. Lepaskan laci dan rendam dalam air panas yang sudah dicampur dengan cuka untuk melarutkan kotoran. Setelah itu, gunakan sikat gigi atau sikat kecil untuk menyikat bagian yang masih kotor dan bilas dengan air bersih.

3. Bersihkan Tabung Mesin Cuci

Tabung mesin cuci adalah bagian di mana kamu meletakkan baju-bajumu. Penumpukan kotoran dan residu sabun dapat mengurangi efisiensi pencucian dan menyebabkan bau, sehingga penting untuk membersihkannya secara berkala. Kamu cukup tuangkan satu cangkir cuka putih dan setengah cangkir baking soda ke dalam tabung mesin cuci. Kemudian, jalankan mesin pada siklus air panas tanpa pakaian di dalamnya. Jika masih ada residu atau bau tak sedap, kamu bisa ulangi proses ini sampai semua residu terangkat.

4. Bersihkan Filter Drainase

Filter drainase menangkap serat dan benda asing yang terlepas dari pakaian selama siklus cuci. Jika tidak dibersihkan secara rutin, filter ini akan tersumbat dan mengganggu efektivitas pencucian. Biasanya, filter drainase ini terletak di bagian bawah depan mesin cuci atau untuk pastinya kamu bisa membaca buku manual mesin cuci kamu. Setelah menemukan filter drainase ini, siapkan wadah atau baskom di bawah area filter untuk menampung air yang mungkin tumpah saat membuka filter. Buka perlahan dan keluarkan kotoran atau benda asing yang mungkin mengendap. Bilas dengan air mengalir dan pasang kembali filter ke tempatnya. Pastikan rapat ya, agar tidak bocor!

5. Cek Selang Pembuangan

Selang pembuangan sebagai tempat keluarnya air bekas cucian. Sebenarnya, selang pembuangan ini tidak terlalu sering kotor. Namun, jika mengalami penyumbatan bisa menyebabkan masalah serius dalam drainase air. Maka pastikan tidak ada benda asing yang menyumbat dan jika perlu, gunakan kawat atau alat khusus untuk membersihkan selang dari penyumbatan.

6. Jalankan Siklus Bilas

Setelah seluruh proses pembersihan telah dilakukan, jalankan satu siklus bilas tambahan tanpa pakaian atau deterjen untuk menghilangkan sisa cuka dan baking soda. Sesudahnya, jangan lupa untuk membiarkan pintu mesin cuci terbuka untuk beberapa jam agar udara dapat mengeringkan bagian dalam dan mencegah pembentukan jamur atau bau.

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan mesin cuci sendiri di rumah. Dengan melakukannya secara rutin, mesin cuci kamu akan terhindar dari kerusakan dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

 

cara membersihkan mesin cuci polytron

Untuk menjaga performa mesin cuci dan memastikan pakaianmu selalu bersih, pertimbangkanlah untuk memilih mesin cuci yang berkualitas, tahan lama, dan memiliki garansi. Salah satu pilihan yang dapat dicoba adalah mesin cuci 1 tabung Zeromatic dari Polytron.

Mesin cuci ini sangat cocok buat kamu yang suka hal praktis karena hanya dengan satu tombol, seluruh proses pencucian bisa dijalankan. Dari penimbangan beban cucian, penentuan tingkat kebutuhan air, pembilasan, hingga pengeringan, semua dapat dilakukan tanpa perlu repot mengatur banyak pengaturan.

Bahkan mesin cuci ini telah disematkan fitur zeropressure dan Smart Eco, yang mampu mencuci walaupun dengan tekanan air kecil sekalipun, hemat air, detergen, dan listrik sampai 30%. Meskipun fiturnya sangat canggih, tak perlu khawatir soal kebersihan karena hasil cucian dari mesin cuci Zeromatic Polytron 7x lebih bersih dan wangi.

Salah satu tipe mesin cuci yang patut kamu pertimbangkan adalah Mesin Cuci 1 tabung Zeromatic PAW1028. Mesin cuci ini memiliki kapasitas 10kg, cocok untuk pemakaian di rumah tangga yang memiliki anggota keluarga cukup banyak. Selain dibekali dengan segudang fitur yang membuat mencuci pakaian lebih efektif dan efisien , mesin cuci 1 tabung Zeromatic PAW1028 mengutamakan kualitas dan daya tahan yang luar biasa. Dengan dilengkapi garansi 5 tahun, kamu bisa yakin bahwa mesin cuci ini akan bertahan lama dan memberikan performa yang optimal #QualityThatMatters.

Selain itu, mesin cuci ini juga dirancang dengan desain yang elegan dan modern, sehingga dapat menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang menambah nilai estetika di rumahmu.

Untuk pembelian mesin cuci Zeromatic PAW1028, kamu dapat mengunjungi website resmi Polytron atau melalui Polytron Official Store di platform e-commerce favoritmu.