Bukan Cuma Nasi Putih! 6 Resep Cara Masak Nasi Spesial di Rice Cooker yang Wajib Kamu Coba!

cara masak nasi di rice cooker polytron

Rice cooker adalah alat dapur modern, yang tidak hanya berguna untuk memasak nasi putih. Ada banyak jenis makanan lain yang bisa dimasak menggunakan rice cooker. Berikut adalah 6 cara masak berbagai macam nasi spesial yang dapat dimasak menggunakan rice cooker.

Baca juga: Lebih dari Sekadar Masak Nasi, Ini Fungsi Lain Rice Cooker yang Jarang Diketahui!

6 Cara Masak Nasi yang Berbeda-Beda di Rice Cooker

1. Nasi Putih

Memasak nasi putih, walau terdengar mudah, cara masak nasi tetap harus diperhatikan agar tidak gagal memasaknya. Kamu dapat memilih beras yang pulen dan putih (bersih) agar menghasilkan nasi yang lezat. Sebelumnya, beras harus di cuci bersih, kemudian dimasukkan ke dalam panci rice cooker, dengan memasukkan air setelah beras sudah masuk. Untuk perbandingan airnya, sesuaikan dengan jenis beras. Jika beras pulen tipe medium dibutuhkan air 360 ml, untuk setiap 240 ml beras. Kadang, banyak juga ibu-ibu yang membandingkannya dengan ruas jari, misal 1 liter beras, membutuhkan 2 ruas jari.

2. Nasi Goreng

Untuk memasak nasi goreng, bahan baku utamanya adalah nasi putih. Kamu bisa menggunakan nasi putih sesuai kebutuhan. Untuk bumbu yang dibutuhkan bawang merah, bawang putih, cabai sesuai selera, dihaluskan, kemudian di tumis dengan sedikit minyak. Untuk menambah kelezatan, masukkan telur dan aduk rata dengan nasi. Tambahkan kecap manis, garam, lada bubuk dan penyedap rasa.

3. Nasi Kuning

Untuk memasak nasi kuning di dalam rice cooker, pastikan beras sudah di cuci bersih, dan masukkan ke dalam panci rice cooker. Kemudian, haluskan bumbu dan tumis dengan sedikit minyak. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, kunyit, daun salam, serai, garam, dan santan. Setelah ditumis bumbunya, masukkan ke dalam panci rice cooker dan aduk sebentar. Jangan lupa tambahkan garam sesuai selera (sesuai kebutuhan). Tekan tombol cook, dan tunggu sampai nasi matang.

4. Nasi Uduk

Sama halnya dengan nasi kuning, memasak nasi uduk dengan rice cooker juga hampir sama. Namun, pembedanya tidak menggunakan kunyit dan tidak perlu menumis, cukup memasukkan beras ke dalam panci rice cooker, tambahkan santan, sereh, daun salam, daun pandan, dan garam secukupnya. Nyalakan tombol cook, dan tunggu nasi matang.

5. Nasi Kebuli

Nasi kebuli bahan utamanya adalah beras basmati. Pastikan beras sudah di cuci dan di rendam selama 30 menit. Tumis bumbu halus dengan mentega, yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, jintan, ketumbar, merica, kayu manis, garam, kapulaga, dan bawang goreng. Masukkan bumbu tersebut ke dalam panci bersamaan dengan air, cengkeh dan kapulaga, masukkan daging, masak hingga matang, dan tambahkan santan. Pastikan daging benar-benar matang. Kemudian, air gulai tadi masukkan ke dalam panci rice cooker bersamaan dengan beras yang sudah direndam tadi. Nyalakan tombol cook dan tunggu kebulinya matang.

6. Bubur

Pastikan beras sudah di cuci bersih, dan masukkan ke dalam panci rice cooker, untuk penggunaan airnya harus lebih banyak ketimbang masak nasi putih biasa, perbandingannya 1:8.  Tekan tombol cook – masak dalam satu siklus. Harus di cek jika tombol sudah matang. Jika sudah mengental, sudah dapat dipastikan bubur sudah siap. Jika masih berair, di tekan kembali tombol cook.

 

Tips Memasak dengan Rice Cooker

  1. Eksperimen dengan waktu: Rice cooker POLYTRON Donabe PRC 1201 sangat efisien dalam waktu sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya tanpa harus lama berada di dapur.
  2. Memasak apapun menjadi enak: Kamu cukup memasukkan bumbu sesuai selera dan sesuaikan dengan kebutuhan, kemudian tekan tombol cook, dan makanan siap dalam waktu singkat.
  3. Gunakan fungsi keep warm: Fungsi ini berguna untuk menjaga makanan tetap hangat tanpa overcooking. Makanan terjaga dan tidak mudah basi.

Demikian resep mudah dan tips menarik menggunakan rice cooker POLYTRON Donabe PRC 1201, memasak nasi menjadi lebih pulen dan lebih lezat se-enak nasi jepang. Rice cooker Donabe memiliki fitur canggih yang bisa digunakan untuk berbagai masakan. Dengan pemanasan Donaheat 3D yaitu pemanasan lebih merata dari 3 arah yaitu bawah, atas dan samping, menjadikan nasi matang dengan sempurna, merata dan pulen serta nasi jadi lebih tahan lama hingga 48 jam.

Rice cooker Donabe PRC 1201 memiliki kapasitas besar yaitu 2 liter, cukup untuk kebutuhan nasi sekeluarga. Untuk bagian pancinya, Donabe PRC 1201 terbuat dari lapisan Ceramic Coating yang lebih kuat dan tahan lama, memasak menjadi lebih mudah dan tidak lengket. Nasi menjadi lebih awet dan tidak mudah basi. Untuk mencuci dan perawatannya juga lebih mudah, karena nasi tidak menempel dan tidak berkerak pada panci.

Keunggulan paling utama pada rice cooker Donabe PRC 1201 adalah mode 3-in-1 cooking yang dimilikinya, Donabe PRC 1201 bisa untuk memasak nasi, memanaskan dan mengukus. Satu alat masak untuk berbagai keperluan, Donabe PRC 1201 praktis dan efisien.

Dapatkan rice cooker terbaik Donabe PRC 1201 di polytron.co.id atau di toko online/offline langgananmu. Untuk informasi lainnya silahkan menghubungi sambungan telepon 1500833 atau dapat mengunjungi sosial media Instagram @polytron.homes.

Selamat mencoba!