6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya Disini!

Manfaat musik

Manfaat mendengarkan musik bukan hanya untuk lahiriah namun juga berdampak positif pada batiniah. Sebagai manusia tentu memerlukan keseimbangan antara lahir dan batin agar hidup berjalan lancar dan normal.

Berikut ini adalah manfaat mendengarkan musik.

  1. Musik dapat menenangkan pikiran.

Dengan mendengarkan musik maka pikiran akan menjadi lebih rileks. Di saat sakit kepala, leher tegang, pusing, kelelahan, dan kondisi mental yang kurang baik, maka dengan mendengarkan musik masalah tersebut berangsur akan mereda, kemudian konsentrasi berangsur akan meningkat.

 

  1. Membangkitkan mood dan motivasi.

Suasana mood yang tidak seberapa baik bisa kamu kendalikan dengan mendengarkan musik. Dengan musik maka akan membangkitkan semangat dan membuat diri termotivasi yaitu dapat meningkatkan hormon dopamin yang dapat berperan meningkatkan semangat dan rasa bahagia.

 

  1. Musik dapat meningkatkan kualitas tidur.

Banyak orang yang mendengarkan musik santai sebagai penghantar waktu tidur. Pastikan beberapa jam sebelum tidur kamu sudah mengisi perut dengan makanan agar tidur kamu berkualitas.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung.

Dengan mendengarkan musik dengan tempo atau kecepatan yang sama dengan irama jantung normal, berkisar pada 60-100 detak per menit. Dipercaya dengan cara tersebut maka jantung kamu dapat menyesuaikan detakannya dengan tempo musik yang kamu dengar. Alhasil jantung kamu akan berirama sehat.

 

  1. Memperkuat daya ingat.

Dalam beberapa tulisan misalnya “The cognitive effects of listening to background music on older adults” dan para peneliti menemukan bahwa musik dapat membantu orang tua untuk memperkuat daya ingat mereka.

 

  1. Membantu perkembangan atau pertumbuhan janin.

Pada janin musik juga disarankan mulai diperkenalkan, misal jenis musik klasik yang dapat membantu perkembangan atau pertumbuhan janin. Jadi bukan hanya pada anak atau orang dewasa, pada janin juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang di dalam kandungan.

 

BACA JUGA: Bass Speaker Aktif Kurang Nendang? Simak Tips Ini Buat Bass Jadi Menggelegar

 

Kalau kamu lagi cari bluetooth speaker yang multifungsi, kamu bisa jatuhkan pilihan pada Bluetooth Speaker Multimedia PMA 9525, speaker besutan POLYTRON ini telah dilengkapi dengan pembaruan bluetooth versi 5.0 terbaru, selain mampu memberikan kualitas suara dan sambungan yang lebih baik dan stabil, PMA 9525 juga bisa disambungkan dengan berbagai smart TV yang telah dilengkapi dengan bluetooth transmitter sehingga suara dari TV dapat dinikmati di speaker PMA dengan sambungan bluetooth. Selain itu, kamu juga bisa putar lagu dari sumber manapun melalui sambungan USB flash disk dan SD Card/MMC, dan FM Radio.

 

Untuk sambungan audio ke laptop atau komputer juga bisa dinikmati melalui kabel aux 3.5 mm atau kabel USB yang dikoneksikan antara device tersebut ke PMA 9525. Sambungan via USB sound card ini menghasilkan suara yang stabil dan jernih.

 

PMA bisa menghasilkan suara bass yang mantap karena telah dilengkapi dengan subwoofer terpisah dan fitur Bazzoke (ekstra bass). Selain untuk penggunaan individual ternyata PMA 9525 juga bisa diandalkan untuk berbagai acara, bisa digunakan untuk arisan, acara ulang tahun, gaming, pesta, presentasi dan lain-lain, dengan fitur dua microphone input, yang tentunya dapat digunakan untuk berbagai acara hingga karaoke bersama.

 

PMA 9525 juga bisa merekam musik dan suara vokal dari microphone dengan fitur recording yang bisa kamu aktifkan ketika berkaraoke atau ketika sedang berada dalam suatu acara.

 

PMA 9525 makin lengkap dengan fitur effect level berupa reverb dan echo level. Yaitu reverb sebagai efek pantulan yang relatif lebih singkat biasanya digunakan untuk memberikan karakter alami suara, cocok digunakan untuk membawa acara atau MC agar suaranya semakin jelas. Sedangkan echo sebagai efek pantulan atau gema yang lebih panjang yang cocok digunakan saat berkaraoke. Pengaturan ini dapat kamu sesuaikan berdasarkan selera dan kebutuhan kamu.

Leave a Reply