5 Akibat Yang Menyebabkan Kesehatanmu Terganggu Jika Kurang Minum Air Putih

Dispenser Galon Bawah panas dingin

Menurut Halodoc “Air putih adalah salah satu kebutuhan tubuh agar dapat berfungsi dengan normal. Jika tubuh kekurangan cairan ini, ada banyak masalah yang bisa terjadi dan hal ini perlu dicegah. Maka dari itu, pastikan agar tidak kurang minum air putih sehingga tubuh tetap sehat.”. 

 

Manusia harus minum karena air adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan memelihara fungsi tubuh yang optimal seperti bahan bakar sel, menjaga fungsi otak, dan menunjang kinerja organ tubuh. Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia dan membentuk sekitar 60% hingga 70% dari berat tubuh orang dewasa. Oleh karena itu, manusia perlu minum air setiap hari untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal. Jumlah air yang dibutuhkan oleh setiap individu bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan. Namun, para ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum sekitar 2 hingga 3 liter air per hari.

 

Lalu, bagaimana jika manusia kurang mengkonsumsi air putih? Apa yang akan terjadi pada kesehatan? Yuk simak jawabannya untuk hidup yang lebih sehat!

 

Ini dia 5 akibat tidak boleh diabaikan yang menyebabkan kesehatanmu dapat  terganggu jika kurang minum air putih : 

 

  1. Mudah Lelah

Kurang minum air putih dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, termasuk rasa lelah dan lemahnya energi tubuh. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi yang menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam mengedarkan darah ke organ. Akibatnya, sirkulasi darah yang kaya oksigen dan nutrisi terganggu sehingga tubuh tidak dapat berfungsi dengan optimal. Bagian otak manusia yang terdiri hingga 80% air memerlukan asupan air yang cukup untuk bekerja dengan baik. Kurang minum air dan cairan lainnya dapat mengganggu kinerja otak dan menimbulkan masalah seperti kehilangan fokus, kesulitan berpikir, mudah ngantuk, sulit mengingat, hingga sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kita minum cukup air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan kinerja otak yang optimal.

     2. Metabolisme Terhambat (Sembelit)

Kondisi kurang minum air dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan gangguan seperti sembelit atau susah buang air besar (BAB). Sebaliknya, minum cukup air putih dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Kurang minum air dapat menyebabkan feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan, sehingga dapat menyebabkan konstipasi. Kurang minum air dan cairan lainnya juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan berat badan. Oleh karena itu, disarankan untuk minum cukup air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem pencernaan yang optimal.

     3. Kulit Kering

Kurang minum air putih dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk kulit yang kering, timbulnya jerawat, dan memperburuk jerawat yang sudah ada. Ketika tubuh kekurangan cairan, kelenjar sebasea yang berfungsi menghasilkan minyak di kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menjaga kelembaban kulit. Produksi minyak yang berlebihan ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memperburuk jerawat. Selain itu, kurang minum air juga dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas, yang dapat memicu peradangan pada kulit.

    4. Memicu Penyakit Batu Ginjal & Infeksi Saluran Kemih

Kurang minum air putih dan cairan lain dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Infeksi saluran kemih (ISK) biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih, kurang minum air putih dan dehidrasi dapat meningkatkan risiko terjadinya ISK karena cairan membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. Ketika tubuh kekurangan cairan, bakteri penyebab infeksi saluran kemih lebih sulit dihilangkan dan mineral pembentuk batu ginjal dapat mengendap di ginjal. Minumlah air putih yang cukup untuk menghindari penyakit  batu ginjal & infeksi saluran kemih.

    5. Mudah Terserang Penyakit 

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengganggu metabolisme sel dan mengurangi kinerja sel darah putih dalam melawan infeksi, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, kurang minum air putih juga bisa meningkatkan risiko stroke dan memperlambat proses pemulihan setelah stroke. Agar terhindar dari dehidrasi, disarankan untuk minum air putih ketika urin berwarna kuning, merasa lemas, dan tubuh terasa lelah.

 

Oleh karena itu pastikan kamu mencukupi asumsi minum air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurang minum air. Yuk biasakan untuk minum sekitar 2 hingga 3 liter air per hari. 

Dispenser Galon Bawah panas dingin
Dispenser Galon Bawah panas dingin

Pastikan juga air yang kamu minum air bersih dan sehat dirumah. Gunakan dispenser yang sudah dilengkapi dengan UV-C Light untuk membunuh kuman & bakteri 99.99% agar air yang dikonsumsi untuk keluarga di rumah berkualitas. Kini tidak perlu takut lagi air yang kamu minum tidak higienis, dispenser galon bawah Hydra dari Polytron dilengkapi dengan sinar UV-C, efektif membunuh virus, kuman dan bakteri hingga 99.99%. Selain air yang dihasilkan dispenser Hydra bersih dan sehat, pemasangan galonnya pun sudah sangat praktis tanpa perlu ribet ngangkat galon sampai tumpah-tumpah, untuk mengisi ulang galon air minum dari dispenser hydra cukup tarik dan dorong melalui slider yang terdapat di Dispenser Galon Bawah. Dispenser Hydra dari Polytron juga sudah dilengkapi dengan tombol pengaman air panas, sehingga aman untuk buah hati dirumah.

BACA JUGA Musim Peralihan Pakaian Kering Maksimal dan Terbebas dari Kuman dan Bakteri, Pakai Ini!


Menjaga kesehatan tubuh dengan cukup mengkonsumsi air putih setiap hari, pastikan air yang kamu minum air bersih, anti kuman & bakteri dari Dispenser Hydra. Kualitas kesehatan keluarga terjaga dengan Dispenser galon bawah Hydra #QualityThatMatters.
Lihat fitur dan harganya lebih lengkap melalui website www.polytron.co.id, seluruh Official e-commerce Polytron Indonesia atau toko elektronik terdekat di kotamu.

Leave a Reply