Tertarik Memiliki Motor Listrik? Berikut Tips Merawat Motor Listrik Agar Tetap Prima

merawat motor listrik

Motor listrik kini makin banyak diminati. Terlihat dari banyaknya merk baru yang bermunculan dan dukungan pemerintah berupa pemberian subsidi bea balik nama dan pajak kendaraan kepada pengguna motor listrik. Subsidi yang tidak sedikit tersebut semoga membawa angin segar bagi kamu yang memiliki minat untuk membeli motor listrik.

 

Cara perawatan motor listrik dan motor berbahan bakar bensin tidak jauh berbeda. Yaitu merawat motor listrik lebih mudah dan hemat. Pembelian motor listrik untuk solusi mobilitas maka bisa kamu pertimbangkan, apalagi sudah adanya wacana subsidi dari pemerintah.

 

Berikut ini adalah tips merawat motor listrik agar tetap prima.

  1. Rutin mengisi ulang baterai.

Cara pertama yang terpenting adalah mengisi baterainya secara rutin walau tidak digunakan. Hal ini mesti kamu lakukan, tidak boleh terlewati, kendati kendaraan jarang kamu gunakan namun baterai tetap harus diisi ulang setidaknya setiap dua hari atau tiga hari sekali agar performanya tetap terjaga. Mengisi ulang daya baterai dalam kondisi yang sangat rendah dengan indikator di bawah 20% akan mempengaruhi kinerja baterai.

  1. Hindari mencuci motor menggunakan air bertekanan.

Bagi kamu yang terbiasa mencuci motor di tempat pencucian motor maka kamu harus memastikannya kepada pegawai disana bahwa motor yang kamu cuci adalah motor listrik yang perlu penangan sedikit berbeda, yaitu beritahukan bahwa semprotan air berdaya kuat tidak boleh mengenai komponen baterai ataupun slot kelistrikannya, pastikan pada bagian tersebut tidak dibuka dan tidak terkena air. Atau pun kamu bisa mencucinya sendiri dirumah dengan basuhan air bersih dan sedikit sabun.

 

BACA JUGA: Masih Anggap Harga Motor Listrik Mahal? Yuk Bandingkan dengan Benefitnya

 

  1. Tidak menerjang banjir.

Seperti halnya motor berbahan bakar bensin, jangan melewati banjir yang tinggi melebihi ketinggian soket kelistrikan. Hal ini sangat berbahaya untuk komponen baterai dan kelistrikan. Beda halnya jika melewati genangan air yang tidak tinggi, maka hal ini masih bisa di tolerir.

  1. Cabut baterai jika motor tidak digunakan.

Jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama maka kami sarankan untuk melepas baterainya dan mengisi baterai powernya dengan penuh. Kamu bisa pasangkan kembali jika unit ingin digunakan. Mengapa demikian? Karena untuk menghindari self discharge yaitu aliran listrik yang masih mengalir walau kendaraan tidak digunakan sehingga aliran listrik terpakai dan membuat kondisi baterai lembab.

  1. Periksa bagian rem.

Suara pada motor listrik sangat halus, bagi pengguna baru perlu memahaminya karena motor melaju tanpa suara. Berkaitan dengan ini maka kamu disarankan untuk mengecek bagian pengereman dengan rutin agar sistem rem berjalan optimal ketika motor digunakan.

  1. Pahami buku manual dan cara penggunaan motor listrik.

Hal ini untuk antisipasi agar ketika kamu berada di dalam perjalan senantiasa aman dan nyaman karena kamu memahami tutorialnya cara menangani masalah di perjalanan.

  1. Lakukan pengecekan secara rutin.

Kamu bisa membawanya ke PSC terdekat yang ada di kota kamu. POLYTRON memiliki lebih dari 50 gerai servis center di Indonesia. Atau kamu bisa menghubungi telepon 1500833, nomor layanan pesan WhatsApp 085321005100.

 

Untuk pembelian dan informasi mengenai motor listrik POLYTRON silahkan mengunjungi www.polytron.co.id atau bisa juga ke Instagram Polytron.ev.

 

Motor Listrik POLYTRON, solusi berkendara untuk masa depan!

Leave a Reply