Speaker Aktif dan Speaker Pasif, Mana Lebih Unggul?

speaker aktif  vs speaker pasif 

Menikmati musik atau film akan terasa lebih hidup jika kita cocok memilih dan menggunakan speaker yang menunjang. Saat ini juga ada speaker yang dapat memutar film atau video baik secara langsung ataupun melalui media player.

 

Hari ini kami akan membahas perbedaan speaker aktif dan pasif yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas kamu, baik aktivitas bermusik atau menonton film.

 

POLYTRON telah memproduksi banyak jenis speaker aktif, apa sih perbedaan antara speaker aktif dan speaker pasif?

Speaker aktif adalah speaker yang diproduksi dengan komponen utama yang sudah lengkap ada di dalamnya, misal komponen speaker, power supply, amplifier, dan komponen kelistrikan atau elektronik lainnya yang sudah terdapat di dalam satu perangkat. Sedangkan speaker pasif adalah speaker yang diproduksi tanpa komponen penguat suara atau amplifier.

 

Lalu, mana yang lebih unggul, speaker aktif  vs speaker pasif

 

Pada speaker aktif sudah terdapat komponen yang lengkap dan sudah include amplifier di dalamnya sehingga menjadi lebih praktis, tidak ribet, dan bisa langsung dipakai untuk memutar musik. Sedangkan speaker pasif, pengguna perlu membeli perangkat amplifier secara terpisah dan merangkainya sendiri. Untuk daya yang dihasilkan dapat diatur sesuai kebutuhan dengan menyesuaikan amplifier yang sudah dibeli.

 

POLYTRON memproduksi speaker pasif pada speaker TV misal televisi tipe PLD 32TV1855 dan televisi tipe lain yang sejenis. Pada speaker ini dijual satu set dengan televisinya, sehingga penggunaan speaker pada pesawat televisi tipe tersebut harus digunakan keseluruhan bersama layar TV, jika perangkat TV tidak hidup maka speaker tidak dapat mengeluarkan suara secara independen.

 

Untuk speaker aktif yang diproduksi oleh POLYTRON misalnya tipe PMA, PAS, PTS, PHT dan lain sebagainya.

 

  1. PMA.

Tipe PMA adalah jenis bluetooth speaker multimedia yang mendukung berbagai fitur seperti bluetooth, MP3 player, USB player, SD card/MMC, dan line input. Dengan berbagai koneksi tersebut pada PMA maka kamu bisa menikmati berbagai entertainment, baik bermain musik, gaming ataupun menonton video/film. Seri PMA ini bisa digunakan untuk speaker komputer, speaker laptop ataupun untuk TV juga bisa. Misal PMA 9507, PMA 9522 dan lain sebagainya. Dengan ukurannya yang compact, PMA cocok diletakkan di kamar pribadi maupun ruang keluarga.

 

  1. PAS.

Tipe PAS terbaru contohnya F22 series, tipe ini merupakan speaker aktif terbaru yang sudah mendukung teknologi rekaman yaitu dapat merekam suara microphone layaknya studio rekaman, speaker ini juga dilengkapi dengan bluetooth versi 5.0 terbaru yang mendukung koneksi audio lebih stabil dan dapat dikoneksikan dengan televisi yang memiliki bluetooth transmitter sehingga suara yang keluar dari televisi dapat dinikmati di PAS 8BF22, PAS 10DF22, PAS 8EF22 dan PAS 8FF22.

Tipe PAS tersebut juga bisa dinikmati secara independen misal saat mendengarkan musik melalui USB, radio FM, SD/MMC card dan lain sebagainya.

PAS F22 series dapat merekam suara musik dan microphone (recording). Inovasi fitur recording ini merupakan teknologi terbaru yang diadaptasi oleh POLYTRON kepada perangkat speaker terbarunya guna memenuhi kebutuhan pelanggannya yang hobi menyanyi atau karaoke. POLYTRON memberikan kemudahan, sehingga kegiatan karaoke sekaligus rekaman dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Tipe ini juga sudah mendukung reverb dan echo level. Fitur ini merupakan teknologi audio untuk menghasilkan efek pantulan suara atau gema.

speaker aktif  vs speaker pasif 
PAS F22 series

 

  1. PTS.

Seri ini contohnya adalah PTS 12KF25 yang merupakan trolley portable speaker generasi terbaru dengan fitur yang merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya, sudah dilengkapi dengan bluetooth v5, radio FM yang dapat menyimpan 40 memori channel radio favorit, tipe ini bisa merekam suara musik dan suara microphone (recording) layaknya studio rekaman, sehingga kamu bisa merekam suara saat bernyanyi atau berkaraoke bersama.

Selain keunggulan tersebut, POLYTRON juga melengkapi PTS 12KF25 dengan effect level berupa reverb dan echo level. Pengaturan ini dapat kamu lakukan dengan minimal atau maksimal pada reverb dan echo, penggunaannya bisa kamu sesuaikan berdasarkan selera dan kebutuhan. Teknologi ini biasanya terdapat pada audio sistem pada bangunan besar seperti hall and exhibition untuk memperjelas suara MC (pembawa acara) dan/atau penyanyi dengan menambah efek pantulan atau gema. POLYTRON memberikan fitur ini untuk kepuasan pelanggannya.

 

  1. PHT.

Seri ini contohnya adalah smart soundbar PHT 250 /SB. Speaker ini dilengkapi dengan 10 komponen speaker yang terdiri dari tweeter, mid-range, woofer pada soundbar dan dilengkapi subwoofer independen dengan power output mencapai 160 watt RMS. Tambahannya adalah adanya fitur Surround Mode yang dapat meningkatkan efek surround audio yang lebih spektakuler, membuat speaker ini menjadi idaman pecinta audio. Dijamin suara output-nya mantap dan surround mode-nya ‘nendang’ banget.

PHT 250 /SB memiliki fitur Smart Mode with Android OS yang dapat membuat TV non smart kamu menjadi dapat menayangkan siaran streaming misalnya Youtube dan Mola. Soundbar ini juga memiliki konektivitas yang lengkap, bisa dengan bluetooth ataupun bisa juga dengan HDMI ARC, optical input, USB, dan aux input. Canggihnya, kamu juga bisa mengatur perangkat speaker ini secara bebas melalui smartphone-mu dengan aplikasi Polytron Audio Connect.

 

Demikian ulasan mengenai speaker aktif vs Speaker pasif, semoga membantu kamu untuk bisa membedakan kedua speaker tersebut dan bisa menentukan mana speaker yang sesuai dengan kebutuhan hiburanmu.