Awas Salah Beli, TV Digital dan Smart TV Berbeda!

perbedaan tv digital dan smart tv

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya pada teknologi siaran, seperti televisi, para produsen TV berlomba-lomba memproduksi beragam jenis televisi dengan berbagai kecanggihan dan teknologi terbaru. Namun, banyaknya jenis televisi di pasaran membuat sebagian orang bingung dan tidak bisa membedakan antara jenis TV yang satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya membedakan TV digital dan Smart TV, masih banyak orang yang belum bisa membedakan kedua jenis TV tersebut. Dari fisik dan tampilannya mungkin terlihat sama, tetapi teknologi di dalamnya jelas berbeda.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli TV, sebaiknya kamu harus mengetahui perbedaan antara TV digital dan Smart TV untuk menghindari salah pilih yang bisa merugikanmu. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui perbedaannya!

Baca juga: Cara Nonton Youtube di TV, Pakai Smart TV POLYTRON Jadi Lebih Mudah!

Perbedaan Digital TV dan Smart TV

Pembeda

Digital TV

Smart TV

Sinyal Siaran yang Digunakan TV digital menerima siaran dari sinyal digital. Sinyal digital juga memungkinkan adanya lebih banyak saluran televisi dalam satu frekuensi. Smart TV menerima siaran dari sinyal digital dan dapat terhubung ke internet. Dengan koneksi internet, Smart TV dapat mengakses berbagai aplikasi streaming.
Fungsi dan Fitur Fungsi utama dari TV digital adalah untuk menampilkan siaran televisi dengan kualitas tinggi. Ada yang dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti EPG (Electronic Program Guide) dan kemampuan untuk merekam siaran. Smart TV memiliki fitur-fitur, seperti browsing internet, bermain game, menggunakan aplikasi streaming, dan terkoneksi dengan perangkat pintar lainnya di rumah. Smart TV juga sering dilengkapi dengan asisten suara, seperti Google Assistant atau Amazon Alexa.
Konektivitas Konektivitas pada TV digital umumnya terbatas pada input dan output standar, seperti HDMI, USB, dan AV. TV digital biasanya tidak memiliki kemampuan untuk terkoneksi dengan internet tanpa perangkat tambahan, seperti set-top box atau dongle. Smart TV dilengkapi dengan konektivitas yang lebih lengkap, termasuk Wi-Fi dan Ethernet untuk akses internet, serta Bluetooth untuk menghubungkan perangkat lain, seperti speaker atau remote control.
Sistem Operasi TV digital biasanya tidak dilengkapi dengan sistem operasi yang kompleks. Smart TV dilengkapi dengan sistem operasi, seperti Android TV, webOS, dan Tizen, yang memungkinkan instalasi dan penggunaan berbagai aplikasi.
Penggunaan Aplikasi Fungsinya terbatas pada menampilkan siaran televisi dan mungkin memutar media dari perangkat USB. Smart TV dengan sistem operasi Android memiliki akses ke toko aplikasi. Pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi, seperti layanan streaming, permainan, musik, aplikasi berita, dan lain-lain.
Harga Polytron Digital TV Cinemax Soundbar ukuran 32 inci (PLD 32BV1558) dengan harga mulai dari Rp1 jutaan. Harga mulai dari Rp2 jutaan. Hadir dalam berbagai ukuran, yaitu 32 inci (PLD 32BG9058), 43 inci (PLD 43BUG5959), dan 50 inci (PLD 50BUG5959).

Dapatkan Pilihanmu di Toko Favorit!

Dapatkan televisi Polytron idamanmu di toko elektronik modern terdekat atau secara online di website resmi hanya di Polytron.co.id maupun di Polytron Official Store di e-commerce favoritmu. Selamat berbelanja!

Baca juga: Jangan Keliru! Pahami Bedanya Smart TV dan TV Android Biar Gak Salah Beli