Jangan Salah! Ini Cara Menyimpan Susu Sapi Murni agar Tetap Segar

cara menyimpan daging kurban di kulkas FlexUp 5in1

Sejak kecil, kamu mungkin sudah sering dianjurkan untuk minum susu sapi, terutama selama masa pertumbuhan karena kandungan gizinya yang tinggi. Hal ini memang benar. Dalam satu gelas susu sapi murni (250 ml), terdapat berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi kamu, seperti sekitar 150 kalori, 8 gram protein, 9 gram lemak, 300 mg kalsium, 300 IU vitamin A, dan 98 IU vitamin D.

Namun, bagi kamu yang sering menyimpan susu sapi segar di rumah, mungkin masih bingung bagaimana cara menyimpannya agar nutrisi serta kandungannya tetap terjaga. Jika salah menyimpan, susu sapi murni mudah terkontaminasi bakteri sehingga cepat basi.

Baca juga: Apa Itu Chiller Kulkas, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Freezer?

Risiko Penyimpanan Susu Sapi Murni yang Tidak Benar

Meskipun susu sapi murni memiliki banyak nutrisi, penting untuk berhati-hati dalam tahap menyimpannya, karena jika salah bisa merugikan kesehatan kamu. Berikut beberapa risiko jika susu sapi murni tidak disimpan dengan benar.

  1. Gangguan Pencernaan: Susu yang tidak segar dapat mengandung bakteri dan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan, mengakibatkan gejala seperti diare, mual, muntah, perut kembung, dan sakit perut.
  2. Keracunan Makanan: Jika susu terkontaminasi oleh bakteri patogen, seperti Salmonella, E. coli, atau Campylobacter, mengkonsumsinya dalam keadaan tidak segar dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala serius seperti demam, diare berdarah, muntah parah, dan dehidrasi.
  3. Infeksi Bakteri: Susu yang tidak segar bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.
  4. Alergi: Susu yang tidak segar juga dapat memicu reaksi alergi atau intoleransi pada individu yang sensitif terhadap susu sapi, mengakibatkan gejala seperti ruam kulit, gatal-gatal, sesak nafas, diare, atau mual.

Cara Menyimpan Susu Sapi Murni yang Benar

Susu sapi murni memang cepat basi jika tidak disimpan dalam kulkas. Susu sapi segar hanya dapat bertahan maksimal 3 hari di luar kulkas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kamu mengikuti langkah-langkah berikut untuk menyimpan susu sapi murni agar tetap segar.

  1. Simpan di Dalam Kulkas: Pastikan wadah yang digunakan steril dan tertutup rapat. Simpan susu sapi murni di dalam kulkas dengan suhu 2-5° C, karena susu sapi murni mengandung antara 1.000-3.000 bakteri per mili.
  2. Simpan dengan Tertutup Rapat: Setelah menyimpan di kulkas, pastikan wadah tertutup rapat untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
  3. Pastikan Ruang Kulkas Cukup: Pastikan ruang kulkas cukup, terutama jika sering menyimpan banyak susu. Kulkas 2 Pintu FlexUp 5in1 Polytron memiliki ruang luas dan besar, dengan kapasitas hingga 260 liter, serta dilengkapi dengan rak kaca anti gores dan kokoh yang bisa dipindahkan dengan mudah.
  4. Jangan Minum Susu Langsung dari Wadah Penyimpanan: Gunakan wadah lain, seperti gelas atau cangkir, untuk mencegah kontaminasi bakteri.
  5. Bekukan Jika Tidak Segera Dikonsumsi: Bekukan susu dalam wadah yang sesuai jika tidak akan dikonsumsi dalam waktu dekat. Susu yang dibekukan dapat bertahan 3-6 bulan. Jangan isi wadah terlalu penuh karena volume susu akan bertambah saat membeku.

Susu sangatlah penting untuk melengkapi gizi dan nutrisi harian. Namun, jika salah menyimpannya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Yuk, mulai sekarang simpan susu sapi murni dengan cara yang benar agar bisa dinikmati kapanpun tanpa takut basi.

Simpan Susu Sapi Murni di Kulkas yang Tepat

Agar kualitas susu sapi murni tetap terjaga, simpan di kulkas 2 pintu FlexUp 5in1 dari Polytron. Kulkas 2 pintu FlexUp 5in1 hadir sebagai jawaban atas kebutuhan ini. Dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan fitur-fitur canggih, kulkas ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis makanan dan minuman dengan mudah.

Hadir dengan kapasitas 260 liter, kulkas ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak makanan, termasuk makanan beku, daging, sayuran, buah-buahan, dan susu. Hal ini membuat ibu rumah tangga dapat melakukan belanja sekali dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam kulkas untuk persediaan sepekan.

Kapasitas penyimpanan Kulkas 2 pintu FlexUp 5in1 30% lebih besar dari kulkas biasa, membuatnya cocok untuk keluarga besar. Selain kapasitas yang lebih besar, Kulkas FlexUp 5in1 juga dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menjaga makanan tetap segar. Teknologi ini termasuk Teknologi Cooling System dengan 5 mode yang dapat kamu sesuaikan, yaitu Normal mode (bagian atas sebagai freezer dan bagian bawah sebagai fridge seperti kulkas pada umumnya), Fridge mode (semua bagian menjadi fridge pada atas maupun bagian bawah), Chiller mode (mengaktifkan mode chiller pada bagian atas), Energy saving mode (mode hemat energi), Super Freezer mode (untuk pembekuan super cepat pada bagian atas). Semua mode ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyimpan makanan dengan cara yang lebih efisien.

Fitur-fitur lainnya, seperti teknologi pengaturan suhu yang user-friendly, rak yang mudah diatur, dan desain yang elegan dengan finishing pintu kaca tempered, menjadikan kulkas ini pilihan yang tepat untuk keluarga. Polytron telah dipercaya dengan berbagai inovasi dan teknologi pada kulkasnya #QualityThatMatters.

Dengan harga kisaran Rp3 jutaan, Kulkas 2 pintu FlexUp 5in1 dari Polytron menawarkan nilai yang sangat baik untuk kamu. Dengan garansi resmi selama 10 tahun, kamu dapat yakin bahwa kulkas ini akan memberikan pengalaman penyimpanan yang menyenangkan dan efisien.

Jadi, jika kamu ingin menyimpan makanan dan susu lebih banyak dan tetap segar, Kulkas FlexUp 5in1 dari Polytron adalah pilihan terbaik untukmu.

Dapatkan kulkas 2 pintu FlexUp 5in1 secara offline di toko elektronik modern terdekat atau online di website Polytron maupun Polytron Official di e-commerce favoritmu!

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Dijamin Fresh!

Leave a Reply